Sehat Luar Dalam ala PUGS. Kayak Apa, Tuh?

Menjadi sehat tentunya bisa melalui olahraga. Tapi olahraga saja ga cukup, Team Gelora harus memenuhi gizi seimbang dalam tubuh, agar badan nggak hanya nampak berotot, namun juga sehat secara keseluruhan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sejak 2014 lalu telah mengumumkan 10 Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS). Berikut isinya:

Syukuri dan Nikmati Keanekaragaman Makanan
Keanekaragaman makanan yang dimaksud adalah saat makan pagi, siang, dan malam, asupan yang kita konsumsi harus mengandung 5 unsur, yaitu karbohidrat (nasi,roti, mie, gandum, jagung, umbi2an), protein hewani (ayam, ikan, seafood, daging sapi, dll), protein nabati (tahu, tempe, kacang-kacangan), sayur, dan buah.

Biasakan Mengonsumsi Lauk Pauk Berprotein Tinggi
Protein berperan penting bagi pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh yang rusak, serta berperan dalam pembentukan tulang dan pertumbuhan anak.

Konsumsi Aneka Sayuran dan Cukup Buah
Mengonsumsi sayur dan buah secara rutin sangat baik bagi tubuh, karena banyak mengandung antioksidan, mineral, dan vitamin yang dapat mencegah penuaan dini.

Pilih Sumber Karbohidrat Yang Beragam
Setiap jenis karbohidrat berbeda kandungan serat dan gulanya. Beras merah dan hitam sebenarnya lebih baik dibandingkan beras putih biasa, karena mengandung lebih banyak serat rendah gula, cocok untuk penderita diabetes dan orang yang sedang berdiet. Selain itu, beras hitam mengandung protein, kalium, antioksidan, dan vitamin E lebih tinggi dari jenis beras lainnya.

Batasi Konsumsi Makanan Manis, Asin, dan Berlemak Tinggi
Produk kue dan roti yang dilapisi krim dan coklat, camilan keripik, fast food, dan lainnya harus dibatasi jumlah konsumsinya karena miskin gizi atau zat gizi yang terkandung di dalamnya tidak beragam. Makanan tersebut juga mengandung banyak kalori, lemak, dan rendah protein, sehingga bisa memicu penyakit degeneratif (jantung, stroke, hipertensi) di kemudian hari.

Biasakan Sarapan
Sarapan sangat penting agar otak kita siap menjalani aktivitas sepanjang hari. Sarapan juga bisa mencegah kelebihan berat badan, karena jika tidak sarapan, kita akan lebih lapar dan cenderung melampiaskannya waktu makan siang. Akibatnya, makan siang menjadi tidak terkontrol dan memicu kelebihan berat badan.

Minum Air Putih yang Cukup
Dianjurkan untuk minum air putih bersih dan aman minimal 8 gelas sehari agar tubuh tidak dehidrasi. Air diperlukan untuk mengedarkan berbagai zat gizi ke seluruh tubuh.

Biasakan Membaca Label pada Kemasan Makanan
Hal yang perlu kita cek jika membaca label kemasan adalah informasi gizi dan tanggal kadaluarsa. Tidak sedikit supermarket atau pasar yang menjual makanan yang sudah kadaluarsa.

Cuci Tangan Sebelum Makan dengan Air Mengalir
Kebiasaan mencuci tangan di Indonesia sudah mengalami peningkatan yang signifikan. Sebagian besar masyarakat sudah menyadari pentingnya mencuci tangan sebelum makan. Hal itu dibuktikan dengan hasil Riskesdas 2013 mengenai kebiasaan mencuci tangan yang mencapai 47 persen, dibandingkan pada 2007 yang hanya 23,2 persen.

Lakukan Olahraga Teratur dan Mempertahankan Berat Badan Ideal
Untuk menghilangkan tumpukan lemak di perut, pinggang, pinggul, paha dan lengan atas, serta mempertahankan berat badan sangat mudah. Cukup lakukan olahraga selama 30 menit setiap 3-5 kali seminggu.

So, memenuhi gizi seimbang, tidak serumit yang dibayangkan, bukan? Team Gelora bisa mulai nih hal-hal di atas sembari tetap berolahraga secara rutin di #GeloraIndonesia tempat kita #PastiMain.

Sumber: https://www.guesehat.com/ikuti-10-cara-ini-untuk-penuhi-gizi-seimbang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s