Abas Wajib Tahu – Tips Bertaktik dalam Basket!

Siapa sih yang suka kalah dalam permainan? Team Gelora juga ga suka dong kalau kalah mulu kalau lagi main basket? Ya walaupun cuma bermain biasa, ataupun bertanding dengan lawan yang hebat, setidaknya jangan sampai dong ada beda angka yang jauh.

Nah biar Team Gelora bisa main bagus dalam bola basket, tentu perlu nih paham sedikit tentang teknik bertahan dan menyerang, yang nantinya bisa dipraktikkan juga dengan teman-teman lainnya.

Taktik Pertahanan
Taktik pertahanan adalah suatu usaha yang dijalankan oleh tim bertahan dalam rangka menghalau serangan lawan. Unsur-unsur pelaksanaan pola pertahanan terdiri atas sikap jaga dan olah kaki. Sikap jaga dilakukan dengan menekuk kedua lutut, condongkan badan sedikit ke depan dengan punggung hampir lurus. Awasi selalu gerak lawan dan bola. Kemudian, berdirilah sedikit pada ujung-ujung kaki dan selalu menjaga keseimbangan. Setelah itu, rentangkan dan angkat tangan untuk menghalangi operan dan pandangan tembakan lawan. Sementara itu, olah kaki dapat dilakukan dengan cara bergeraklah dengan cara-cara pendekatan, menggeser dan langkah mundur tanpa ada langkah silang. Kemudian, jaga jarak sebaik-baiknya dengan posisi jaga mengingat syarat-syarat jaga yang umum maupun khusus. Ambillah jarak lebih cepat selangkah dalam mengikuti penggiring. Rapatkan dan cegah lawan yang jelas-jelas akan menembak bola atau baru saja selesai menggiring bola. Selain itu, jangan meloncat sebelum jelas pemain meloncat lebih dahulu. Untuk menghindari tipuan, pandanglah pinggang lawan. Hadang dan tutuplah jalan pemotong yang menuju ke daerah basket.

Selain langkah individual tersebut, pola pertahanan juga perlu dilakukan, yaitu dengan dua cara: a. Pertahanan Daerah Susunan pertahanan daerah dalam permainan bola basket, antara lain 2-1-2, 2-3, 3-2, l-2-2, dan 2-2-1. Setiap pola pertahanan mempunyai kekuatan dan kelemahan masing-masing.

Basket, Hoop, Basketball, Game, Net, Court, Sport, Play



Kekuatan dari pertahanan daerah adalah sebagai berikut.
1) Sangat baik untuk melawan tim yang lemah dalam mengontrol bola.
2) Dapat mematikan penyerangan penembak dengan berporos.
3) Menghindari kesalahan perorangan.
4) Sangat baik untuk melawan tim yang menggunakan penyerangan berpola.

Kelemahan dari pertahanan daerah adalah sebagai berikut.
1) Perhatian setiap pemain terpecah terhadap dua pemain atau lebih.
2) Sangat berbahaya apabila tim lawan dapat melakukan serangan kilat.

b. Pertahanan Satu Lawan Satu
Pola pertahanan ini merupakan pola yang menugaskan setiap orang untuk menjaga seorang lawan.
Jenis pertahanan satu lawan satu adalah sebagai berikut.
1) Pertahanan satu lawan satu dengan tetap Pada pertahanan satu lawan satu dengan tetap, penjaga harus tetap menjaga seorang pemain lawan.
2) Pertahanan satu lawan satu dengan penolong Apabila dalam penjagaan satu lawan satu terjadi kebobolan dari salah seorang penjaga, maka salah seorang penjaga terdekat menolong untuk menutup pemain yang menerobos sampai penjaga yang kebobolan siap untuk menjaga kembali.

Basketball, Ball, Sports, Court, Lines, Play

Taktik Penyerangan
Tentu Team Gelora ga bertahan mulu dong, harus cetak poin dengan menyerang. Nah ada beberapa taktik yang dibutuhkan dalam menyerang, yaitu:
a. Individual, yaitu aksi penyerangan seseorang menggunakan keterampilan individu seperti passing, dribble, dan shooting.
b. Group, yaitu penyerangan yang dilakukan oleh dua atau tiga orang, baik dengan blocking/screen inter passing, maupun wallpassing.
c. Tim, yaitu penyerangan dengan permainan cepat (fastbreak), permainan bebas (freestyle) dan bermain dengan pola penyerangan terencana.

Sumber: http://www.materisma.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s