#GeloraLegend: Serena Williams

Dianggap sebagai minoritas dalam sebuah komunitas itu gimana sih rasanya? Apalagi punya sejarah keluarga yang tidak ideal? Mungkin ada suara-suara pesimis yang membuat diri semakin ragu. Namun, sosok satu ini, merupakan juara tenis terhebat sepanjang masa dan tentunya bisa menjadi inspirasi bagi Team Gelora!

Ya, dia adalah Serena Jameka Williams, yang sering dipanggil Serena William, seorang pemain tenis profesional Amerika. Dari warna kulit yang eksotis, tentu kita bisa melihat bahwa Serena bukan keturunan white-American, ia berdarah Afro-Amerika dan lahir pada 26 September 1981; pada masa itu diskriminasi warna kulit masih sangat terjadi. Selain itu Serena merupakan anak bungsu dari lima bersaudara pasangan Richard Williams dan Oracene Price, di mana tiga kakak pertamanya adalah kakak tiri dari ibunya, sementara kakaknya yang keempat adalah kakak kandungnya, Venus Williams, yang juga merupakan pemain tenis profesional dunia.

Masa kecil Serena pun juga jauh dari kondisi ekonomi yang baik. Ayah Serena adalah mantan petani dari Lousiana yang kemudian bersama keluarga pindah ke Compton karena bahaya adanya gangster di tempat tinggalnya yang lama. Sehari-harinya, sebelum Richard melatih kedua anaknya, Venus dan Serena, untuk berlatih tenis sendiri melalui buku dan video, ia sempat memasukkan Venus dan Serena kecil ke sebuah sekolah tenis. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama karena adanya ujaran yang bersifat diskriminatif dari siswa-murid yang berkulit putih.

Meski demikian, Serena mulai menunjukkan kualitasnya dengan menjuarai United States Tennis Association tour di kelas junior pada tahun 1991. Melihat potensi dan kebutuhan anak-anaknya akan pendidikan lebih di dunia tenis, Richard memutuskan untuk pindah bersama keluarganya ke Florida. Empat tahun berselang, Serena telah menjadi petenis profesional dan di usianya yang masih 14 tahun, namanya telah tercatat sebagai petenis terbaik sedunia di peringkat 99. Di tahun 1999, Serena mengalahkan kakaknya, Venus, pada kejuaraan Grand Slam pertama mereka.

Selama lebih dari satu dekade bermain tenis, Serena telah merebut 23 gelar Grand Slam, termasuk di dalamnya 10 kejuaraan ganda putri bersama kakaknya Venus. Hingga tahun 2019 lalu, Serena masih memegang rekor grand slam terbanyak sehingga ia pun disebut sebagai Ratu Tenis Dunia.

Mengenai percintaan, Serena Williams, menikah dengan salah satu pendiri Reddit, Alexis Ohanian, di Contemporary Arts Center (CAC), New Orleans. Dan pada pada 1 September 2019, Serena melahirkan bayi hasil buah cinta mereka, Alexis Olympia. Tentu dengan masa kehamilan tersebut, tentu ia sempat off dari dunia olahraga tenis, dan kini ia kembali lagi bahkan kini kembali ke urutan 10 pemain tenis putri dunia, bersaing dengan petenis muda lainnya.

Di luar lapangan, Serena juga memiliki brand bajunya sendiri, yaitu ‘Aneres’. Ia juga menjadi pengisi suara dalam serial televisi animasi, The Simpsons. Pada 2009, Serena mengeluarkan buku autobiografi yang berjudul ‘Queen of the Court’. Wah inspiring banget sosok wanita ini, menunjukkan bahwa usaha dapat melampaui segala diskriminasi dan pengalaman buruk di masa lalu. Yuk tunjukkan semangatmu juga di lapangan dengan berolahraga di #GeloraIndonesia tempat kita #PastiMain

Sumber: http://www.merdeka.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s